SALAM DAMAI SELALU PARA PEJUANG INSOMNIA

Rabu, 02 April 2014

Perkembangan bayi dari bulan ke bulan



Usia 6 bulan
Bayi mulai belajar duduk dan mulai belajarmenggunakan otot ototnya untuk menjaga keseimbangan.Tip : pegang mainan yang menarik agar bayi ingin meraih mainan tersebut sehingga tanpa disadari ia telah belajar menahan tubuhnya tetap tegak.
Usia 7 bulan
Bayi belajar merangkak,koordinasi gerakan kedua lengan dan tungkai  ini sangat esensial untuk menunjang kemampuan berjalannya nanti.Tip : Rangsang bayi untuk merangkak dengan meletakkan mainan beberapa meter dari tempat duduknya sehingga ia tergerak untuk merangkak.
Usia 8 bulan
Bayi mulai mencoba bangkit berdiri,tungkai sudah semakin kuat dan mampu menyangga tubuhnya ketika berdiri.Tip : Ajari ia jongkok dan duduk kembali,latihan ini dapat menguatkan otot tungkai dan meningkatkan keseimbangan.
Usia 9 bulan
Bayi cepat belajar untuk menjaga tubuhnya dan semakin percaya diri,diusia ini ia dapat berjalan beberapa langkah sambil berpegangan.Tip : Ajak ia jalan kaki sesering mungkin,semakin otot tungkainya sering di gunakan berjalan semakin siap ia berjalan sendiri tanpa bantuan.
Usia 10 bulan
Bayi mulai berjalan sendiri sambil berpegangan pada benda seperti kursi dan dinding,pada saat ini mumgkin ia sering  jatuh.Tip : Tutupi tepi meja atau kursi yang bersudut tajam dengan pelindung khusus,alasi lantai dengan matras agar ia tidak cedera.
Usia 11 bulan
Bayi mampu berdiri dan jongkok sendiri.Tip : Saat bayi berdiri,letakkan mainan kesayangannya di lantai dan biarkan ia berjongkok untuk mengambilnya.Hal ini untuk melatih kemahirannya (jongkok berdiri) agar otot tungkai menjadi kuat.
Usia 12 bulan
Bayi biasanya mulai mampu berjalan sendiri,Ada pula bayi yang berjalan beberapa langkah lalu di teruskan dengan merangkak dan berjalan lagi.Tip : Jika tidak pada posisi di gendong letakkan ia pada posisi berdiri agar ia terpacu untuk berjalan bukan merangkak.
Diringkas dari buku MIMS BIDAN,hal : 62-63

Tidak ada komentar:

Posting Komentar