SALAM DAMAI SELALU PARA PEJUANG INSOMNIA

Rabu, 02 April 2014

Pencegahan dan Penanganan Masalah Kulit Bayi



1.       Miliaria (Biang Keringat)
Kebanyakan muncul pada daerah leher,dada,ketiak dan lipatan kulit lainnya dan pada kulit yang tertutup popok.Cara menanganinya adalah keluarkan bayi dari ruangan panas dan lembab agar bayi tetap sejuk dan kering,mandikan dan keringkan.kenakan pakaian longgar dari katun.Rujuk ke dokter bila miliaria terlihat parah.
2.       Dermatitis Seboroik (Cradle Cap)
Biasa di sebut ketombe pada bayi yang di tandai dengan adanya lapisan kulit mati yang keras warna kekuningan yang melekat pada kulit kepala.Penyebabnya aktivitas berlebih kelenjar minyak di kulit kepala.Cara menanganinya keramasi dengan shampo bayi atau sisiri dengan sikat yang lembut.Bila gejala menetap atau meluas segera rujuk ke dokter.
3.       Ruam Popok
Cara mengatasinya yaitu sesegera mungkin dan sesering mungkin mengganti popok bayi yang basah oleh urin atau feses.Namun bila sudah dilakukan perawatan tapi ruam tidak hilang segera rujuk ke dokter karena mungkin bayi mengalami infeksi jamur.
4.       Jerawat
Jerawat pada bayi mungkin disebabkan karena pengaruh hormon ibunya sejak ia masih didalam kandungan.Jerawat biasanya muncul pada usia 2-4 minggu.Jerawat ini tidak perlu diobati sama sekali kecuali dengan menjaga kebersihan kulitnya.Penggunaan obat anti jerawat pada bayi tidak dianjurkan.

Diringkas dari buku MIMS BIDAN,Hal 49-50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar